September 9, 2008

Web Conference vs Video Conference


Web Conference Vs Video Conference


Terdapat cukup banyak variasi teknologi yang dapat membantu user ketika ingin melakukan meeting baik dari kantor ataupun dari tempat di seluruh dunia. Ada dua teknologi yang cukup populer, yakni Web Conference dan Video Conference. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam penggunaannya.

Web Conference mengijinkan user untuk menghadiri meeting ‘virtual’ dari seluruh dunia. Untuk itu, diperlukan koneksi Internet dan software sebagai instalasi jika ada client yang ingin menggunakannya. Sementara Video Conference akan memberikan kemudahan bagi user untuk mendapatkan 2 tipe, yakni audio dan video sehingga user pengguna Video Conference dapat melihat dan berbicara dengan orang lain secara real time. Bahkan untuk sekarang ini, Video Conference dianggap sebagai teknologi masa depan dari videophone, namun dalam skala yang lebih besar.

Video Conference lebih efektif daripada Web Conference karena memiliki kemampuan untuk menampilkan wajah dan body user yang berbicara, dapat melakukan pengamatan mengenai reaksi bahasa tubuh, ekpresi muka dan intonasi suara. Sementara Web Conference masih terbatas pada hal-hal di atas pada fiturnya.
Keduanya memiliki persamaan untuk dapat melakukan percakapan dari mana saja, namun untuk Web Conference lebih menonjolkan personal user dengan desain web sesuai selera user yang bersangkutan. Walaupun hal tersebut benar, tetapi Web Conference juga dapat menyebarkan informasi dan bukan tempat yang tepat untuk sosialisasi user dengan tujuan bisnis.
Untuk Video Conference memiliki standard internasional yang dapat memprmudah komunikasi. Biasanya terdapat satu lokasi standard untuk server Video Conference yang dapat mengambil semua informasi dan kemudian mendistribusikannya ke lokasi conference lainnya. Hal ini akan membuat biaya lebih besar, tergantung dari jumlah koneksinya. Selain itu, masih ditambah dengan adanya camera video atau yang biasa disebut web cam, mikrofon, dan speaker, dan hub server yang terkoneksi dengan PC. Sementara Web Conference hanya meminta koneksi Internet.
Web Conference dapat dijalankan oleh ribuan user, namun jumlah user dalam satu channel terbatas. Sedangkan Video Conference lebih terbatas pada kapasitas servernya. Web Conference lebih fleksibel karena dapat dijalankan di banyak tipe koneksi Internet tetapi Video Conference hanya bisa dijalankan di koneksi Internet broadband (jarak jauh).
Kedua tipe komunikasi diperlukan dalam komunitas bisnis. Perusahaan dapat memilih mana yang lebih tepat digunakan dan yang lebih efisien dalam proses komunikasi. Sebagai contoh, biaya Video Conference yang lebih besar daripada Web Conference menjadi suatu penghalang bila dibandingkan dengan hasilnya yang jauh lebih efisien. Namun, masih banyak perusahaan yang lebih memilih Video Conference daripada Web Conference, mengingat bahwa dengan Web Conference, walaupun ringan di ongkos, tetapi penggunaanya masih kurang efektif.

Ditulis oleh : adityawarman


Pendapat saya tentang perbedaan antara Wb Conference vs Video Conference sangatlah mendasar. Saya asumsikan Web Conference itu seperti : Yahoo Messanger, Skype, MSN dll. Sedangkan Video Conference seperti Polycom, Tandberg, Aetra, Sony, dan EMBLAZE VCON.
Perbedaan mendasar dari kedua jenis Tele Conference ini antara lain.
Web Conference:
1. Memiliki protokol yang propetiery karena tergantung akan web server sehingga tidak akan bisa saling berkomunikasi antar Web Conference (YM, Skype, MSN,dll). Mereka hanya bisa berhubungan dalam satu jenis/merk Web Conference.
2. Tidak adanya feature untuk mengirimkan/menerima presentasi (H.239.
3. Tidak adanya Bandwidth Mangement untuk berapa bandwidth yang akan kita pakai.
4. Frame rate yang kecil (max 15 fps) sehingga kualitas gambar tidak bisa seperti gambar real.
5. Tidak adanya Lip Shyncronise sehinga gerakan bibir dam suara tidak bisa match/cocok.
6. Tidak ada Echo Cancelation sehingga kualiatas suara kurang bagus karena akan ada noise dan feedback sound.

Video Conference:
1. Memilik Protokol yang standard H.323 ( IP ) sehingga sangat memngkinkan untuk saling berkomunikasi antar jenis perangkat dalam biarpun berbeda merk/vendor.
2. Adanya Feature untuk mengirim / meneriama presentasi H.239
3. Adanya Bandwidth Management sehinga kita bisa mengatur dengan banwidth berapa kita akan caling atau terkoneksi dengan yang lain.
4. Frame Rate yang lebih real karena bisa sampai 30 fps sehingga bisa menghasilkan kualiatas gambar seperti TV/CD/DVD.
5. Dilengkapi dengan technology Lip Shyncronise sehingga antara gerakan dan suara bisa sesuai.
6. Adanya Echo Canclelation sehingga kualitas Audio akan lebih baik dan lebih jelas.

Itu adalah beberapa perbedaan yang ada antara Web Conference dan Video Conference.
Sebenarnya masih banyak perbedaan akan tetapai akan sangat banyak kalau di tulis semua.
Pada Intinya, kedua fasilitas Conference ini sangatlah berbeda. biarpun secara keliatannya hampir sama.
Terima kasih




No comments:

Post a Comment

Thank's your comment.