May 23, 2008

WARNET & RT/RW-net untuk Konferensi Video?

Dari pembahasan di atas terlihat bahwa dibutuhkan bandwidth yang cukup lebar untuk melakukan konferensi video. Artinya hanya WARNET, RT/RW-net atau perkantoran yang ber-bandwidth lebar >386Kbps ke Internet yang dapat melakukan konferensi video dengan baik. Konsekuensinya, WARNET, RT/RW-net, atau kantor yang menggunakan dial-up tidak mungkin memberikan servis demikian.

Kita di Indonesia cukup beruntung pada hari ini, dengan semakin murahnya peralatan Wireless Internet pada 2.4GHz, 5.2GHz, 5.8GHz pada kecepatan 11 s/d 54Mbps dapat menekan investasi untuk membangun sambungan kecepatan tinggi menjadi sekitar Rp. 3.5 s/d 7 juta saja. Gilanya, kita dapat memperoleh akses Internet kecepatan tinggi tanpa perlu menggunakan jasa Telkom sama sekali, artinya tidak perlu membayar pulsa Telkom sama sekali.

Bagi para peminat Internet kecepatan tinggi menggunakan teknologi radio (wireless), saya sangat menyarankan anda untuk bergabung dalam diskusi di mailing list kami di Internet pada alamat:

Indowli@yahoogroups.com

Asosiasi-warnet@yahoogroups.com

Asosiasi-warnet-broadband@yahoogroups.com

Kadang-kadang beberapa diskusi juga dilakukan di orari-news@yahoogroups.com & majalahneotek@yahoogroups.com. Adapun berbagai naskah & materi tentang teknologi internet wireless berkecepatan tinggi juga dapat diperoleh di http://www.bogor.net/idkf/.

sunting by: sini

No comments:

Post a Comment

Thank's your comment.