May 23, 2008

Konsep Multi Conference



Solusi point - point terbatas hanya untuk dua titik, jika titik melebihi dua maka kita membutuhkan suatu perangkat tambahan atau server biasa kita sebut MCU (Multipoint Conference Unit) yang oleh Emblaze disebut VCB ( Video Conference Bridge). Dengan MCU kita dalam melakukan conference sampai puluhan bahkan ratusan titik secara bersamaan. Inilah yang disebut multipoint.



Pada situasi Multipoint conference pusat harus memiliki bandwidth yang besar untuk mengakomodasi koneksi yang terjadi dari setiap titik ke MCU pusat. Besarnya bandwidth tergantung dari berapa banyak titik yang tersambung dan berapa besar bandwidth yang digunakan. Dari kasus diatas setiap titik tersambung dengan bandwidth 256 Kbps dengan jumlah titik yang tersambung 6 jadi bandwidth yang harus dimiliki oleh server adalah 6 x 256 Kbps = 1,5 Mbps.

Untuk pengaturan video dan audio semua diproses oleh MCU, audio dan video dari setiap titik diproses dan digabungkan oleh MCU dan kemudian dikirim balik kesemua titik, sehingga setiap titik dapat melihat gambar dan mendengar suara dari semua titik.

No comments:

Post a Comment

Thank's your comment.